Tabuik Dihoyak di Kota Padang Panjang

Hoyak Tabuik yang digelar oleh Persatuan Keluarga Daerah Piaman di Kota Padang Panjang di Jalan Sudirman depan Kompi Markas B

PADANG PANJANG, SENANDUNGKABAR.com – Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kota Padang Panjang menggelar hoyak tabuik di Jalan Sudirman depan Kompi Markas B. Atraksi seni ini melengkapi acara halal bi halal PKDP Padang Panjang.

 

"Kami butuh waktu seminggu untuk membuatnya. Kami membuatnya dengan bergotobg royong. Kami membuatnya di kantor PKDP di terminal mikrolet Pasar Pusat Padang Panjang," kata Wendra yang turut terlibat dalam pembuatan Tabuik ini.

 

Berbeda dengan di Pariaman yang Tabuiknya bisa mencapai 12 meter, di sini hanya dibuat ukuran mini saja. Hanya tiga meter. serupa miniatur Tabuik aslinya, untuk di Pariaman sendiri Festival Budaya Tabuik ini baru akan diselenggarakan pada (14/8/2022) mendatang.

 

Wali Kota Padang Panjang saat menghadiri hoyak Tabuik

Tabuik di Pariaman ada dua jenis yakni, Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang, di Padang Panjang ini mereka membuat Tabuik Bundo Kanduang. Pasalnya, kepala Buraq (legenda kuda bersayap dan berkepala manusia-red) dipasangkan kepala manekin (boneka) yang dipasangi jilbab.


"Kalau bisa saat 17 Agustus nanti, Tabuik ini dihoyak lagi keliling kota. Bersama dengan atraksi budaya lainnya. Karena Padang Panjang kaya dengan budaya dari beragam daerah yang ada di sini," ujarnya.

 

Tabuik tersebut yang mereka hoyak-hoyak diiringi suara gandang tasa yang bertalu-talu. Kemudian dengan menghentak-hentak. Anak-anak muda tersebut bersemangat. Sesekali Tabuik diputar diatas aspal dan penonton bersorak kegirangan.

 

Sementara itu Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran menantang agar dibuat dalam event yang lebih besar. Dihoyak keliling kota saat HUT RI ke-77 nanti yang segera tiba.

 

“Kami siap saja, kita akan mempersiapkan bersama-sama dengan warga PKDP lainnya,” katanya.

 

Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin mengajak warga PKDP Padang Panjang untuk pulang kampung menyaksikan Tabuik pada 14 Agustus nanti. Festival Budaya Tabui sudah dua tahun tidak digelar karena pandemic Covid-19.

 

“Tahun ini akan kita adakan lagi. Mari ramai-ramai menyaksikannya," kata Mardison Mahyudin kepada  undangan yang turut dihadiri Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora,Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul, Pjs Ketua PKDP Sumatera Barat, Syaharman Zanhar, Sekda Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldy, serta pengurus dan warga PKDP Padang Panjang ini. (Kominfo Padang Panjang).

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama