Prihatin dengan Prilaku Anak, Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir : Orang Tua Harus Rubah Pola Pendidikan

Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir saat reses di Kelurahan Lubuk Buaya

 

PADANG, SENANDUNGKABAR.com – Wakil Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Maigus Nasir mengajak orang tua merubah pola pendidikan pada anak. Pasalnya, kecanggihan teknologi membuat anak semakin hari semakin lupa dengan lingkungan sosialnya.

 

“Hari ini ada kesan kecendrungan orang tua tidak mau terbebani oleh anak-anaknya, karena memang hari ini orang diasikkan oleh teknologi komunikasi yang disebut dengan  HP yang memiliki berbagai menu. Ini sebetulnya menyalahi kodrat sebagai manusia,” kata Maigus saat reses di Kelurahan Lubuk Buaya,” kamis (20/7/2023).

 

Baca Juga : Perangi Narkoba, Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Sumbar Maigus Nasir: Cegah Melalui Ketahanan Keluarga, Lingkungan dan Masyarakat  

 

Maigus mengatakan, komunikasi dan dialog sangat penting antara orang tua dan anak. Sebab, jika komunikasi dan dialog tidak terlaksana, ini akan menimbulkan efek yang negative di dalam keluarga sendiri, sehingga tidak ada rasa hormat menghormati, rasa segan dan rasa peduli.

 

“Kenapa rasa itu tidak timbul, karena sehari-hari asik dengan diri sendiri. Jika sibuk dengan diri sendiri. Maka tidak akan mengenal lingkungan, terutama dengan lingkungan,” katanya.

 

Baca Juga : Sosper Perda Pencegahan Penyalahgunaan Napza, Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri : Narkoba Bawa Efek Buruk Bagi Pengguna

 

Maigus menuturkan, karena tidak ada komunikasi antara orang tua dan anak, membuat sikap anak tersebut asik dengan diri sendiri dan  tidak kenal dengan lingkungan. Pasalnya, orang tua cukup dengan memberikan handphone kepada anaknya dan akan anak sibuk dengan bermain hp dan tidak mempedulikan lingkungan sekitar.

  

“Ini harus dirubah, bagaimana merubahnya. Harus ada dalam keluarga itu moment-moment untuk komunikasi, antara suami dan istri serta orang tua dan anak-anak,” ujarnya.

 

Baca Juga : Sosialisasi Perda Pelindungan Perempuan dan Anak, Anggota DPRD Sumbar Hidayat : Pemerintah Akan Buka Hotline Pengaduan 

 

Maigus menjelaskan, komunikasi akan menentukan lahirnya karakter dan kepribadian sebagai seorang manusia yang memiliki hubungan sosial, tatanan sosial yang ada  di tengah masyarakat itu sendiri. (Red)


Berita Terkait

 

Bandara Japura, Pemkab Inhu Harapkan Pemerintah Pusat Bantu Agar Segera Beroperasi 

 

Wacana PNS Part Time, Kepala BKD Riau : Belum Ada Surat Resmi 

 

Selain Hujan Deras, Banjir di Padang Disumbang Pasang Air Laut 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama