Hati-Hati, Pesan Penipuan Berkedok Bantuan Panti Asuhan dari Gubernur, Pemprov Sumbar Minta Warga Abaikan

Kabiro Adpim Pemprov Sumbar Mursalim ingatkan warga untuk hati - hati pesan penipuan berkedok panti asuhan menamakan Gubernur Sumbar


PADANG, SENANDUNGKABAR.com -Seluruh masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) diminta untuk mengabaikan pesan dari nomor Whatsapp (WA) 0857 4529 1354 yang mengaku sebagai Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. Sebab beberapa hari yang lalu, nomor tersebut berupaya melakukan penipuan terhadap warga dengan modus penyaluran bantuan untuk panti asuhan.


Peringatan itu disampaikan Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Sumbar, Mursalim, yang menegaskan bahwa Gubernur Mahyeldi tidak pernah sekali pun mengirim pesan terkait bantuan kepada masyarakat melalui nomor WA mau pun akun media sosial (medsos). Sebab, penyaluran hibah dan sejenisnya di Pemprov Sumbar selalu melalui prosedur administrasi dan birokrasi resmi di lingkup Pemprov Sumbar.


Baca Juga : Hati - Hati Pesan Penipuan dari Akun FB Bodong Atas Nama Gubernur Sumbar Mahyeldi


"Kita mendapatkan pengaduan dari warga, bahwa nomor tersebut mengaku sebagai Gubernur, dan hendak menyalurkan bantuan dari Ibu Harneli Mahyeldi ke rekening warga itu. Nomor itu lantas meminta nomor rekening warga itu," kata Mursalim dalam keterangan resmi Biro Adpim Sumbar, Rabu (21/08/2024).


Setelah mendapatkan nomor rekening warga yang menjadi target penipuannya, nomor itu kemudian mengirim bukti transfer abal-abal senilai Rp20 juta. Tetapi, kemudian menyuruh warga tersebut untuk mengirim lagi sebagian uang yang dikirim itu ke nomor rekening lain yang disebut sebagai rekening panti asuhan. 


"Bukti transfernya abal-abal. Sebab, memang tidak masuk pengiriman uang itu ke rekening warga, tapi warga itu disuruh segera transfer lagi ke rekening panti asuhan, dan disuruh mengirim bukti transfernya segera. Penipuan seperti ini jelas sangat meresahkan," ujar Mursalim lagi.


Baca Juga : Wujudkan Masjid Paripurna, Pemko Padang Bentuk Perda untuk Pijakan


Mursalim meminta, agar siapa pun yang menerima pesan dari nomor WA tersebut, agar tidak melayani atau membalas pesan tersebut. Bahkan jika perlu, segera melaporkan pesan tersebut kepada pihak yang berwajib. Sebab, pesan ini jelas merupaka pesan penipuan yang mencatut nama Gubernur Mahyeldi dan keluarga. 


Baca Juga : Tingkatkan Kemampuan Pengelola Administrasi, Bawaslu Kota Padang Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Panwas


"Bapak Gubernur tidak mungkin secara teknis mengirim pesan-pesan seperti itu secara langsung kepada masyarakat. Oleh karena itu, kami minta, abaikan saja jika menerima pesan seperti itu, baik melalui WA atau pun media sosial," ujar Mursalim lagi. (adpsb)


Berita Terkait


Sambut HUT RI ke-79, Pemko Padang Bagikan 15.355 Bendera Merah Putih


Sosialisasi Pengawasan Orang Asing di Kota Padang, Tim Pora Miliki Peranan Penting


Sosialisasi Pengawasan Orang Asing, Kaban Kesbangpol Kota Padang Tarmizi Ismail: Agar Pengaruh Negatif Tak Masuk

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama